Tahun 2020 adalah tahun yang penuh kejutan. Karena pandemi, KKN dirangcangkan akan dilaksanakan di desa sendiri. Ada keuntungannya karena kita tidak akan akan menemui peristiwa horor, tapi prokernya mau gimana yah?

Seketika aku teringat dengan konsep Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang sering diadakan rutin tiap tahun oleh Ristekdikti. Konsep KKN hampir mirip dengan konsep PKM, khususnya PKM-P dan PKM-M. Seberapa mirip KKN dengan PKM?

Selalu Berawal dari Masalah yang Harus Diikuti dengan Solusi

Dosen pembimbing PKM biasanya mewanti-wanti biar mahasiswa berinovasi dengan melihat permasalahan yang ada di lingkungan sekitar. Lalu, dari permasalahan tersebut bisa dicari solusinya. Nah, ide PKM diharapkan bisa menjadi solusi tersebut. Karena KKN dilakukan di desa sendiri, pasti kita akan lebih mengetahui permasalahan apa yang ada di sekitar. Solusi untuk menyelesaikan permasalahan itu tentu dengan proker KKN yang akan kita buat.

Sesuaikan dengan Bidang Keilmuan yang Dipelajari

Ide PKM harus sangat sesuai dengan bidang keilmuan anggotanya, khususnya ketua. Hal ini bertujuan agar saat penyelenggaraan program mahasiswa sudah bisa menguasai ilmu yang dimilikinya.

Nah untuk KKN di desa sendiri ini sebaiknya kita juga buat proker sesuai dengan keahlian kita. Apakah sistem KKN di tahun 2020 ini prokernya harus sesuai dengan bidang keilmuan mahasiswa? Kurang tahu donk, hehe… Tapi, jika sesuai dengan keahlian kita akan lebih nyaman untuk dijalani.

Selalu Cek n Ricek dengan Ide yang Sudah Ada

Saat membuat ide PKM, dosen pembimbing juga menyuruh mahasiswa untuk memastikan apakah ide PKM yang dibuat sudah pernah direalisasikan oleh tim lain di tahun-tahun sebelumnya. Mahasiswa biasanya disuruh untuk searching idenya sendiri di google.

Nah, karena ide-ide PKM biasanya mirip dengan proker KKN, kita bisa searching di google tentang ide-ide PKM sesuai dengan keinginan kita agar mendapat inspirasi membuat proker KKN. Contoh keywords yang biasa digunakan seperti “Ide PKM pengabdian masyarakat tentang literasi” atau “Judul PKM tentang kesehatan masyarakat”

Sesekali Bisa Baca Berita di Media Online untuk Mengetahui Isu-isu Terbaru di Masyarakat

Saat membuat ide PKM biasanya dituntut untuk membuat ide yang bersifat kebaruan, inovatif dan menjawab permasalahan bangsa. Nah, untuk mendapatkan inspirasi proker KKN, mencari referensi di berita-berita juga cukup membantu. Mungkin hampir mirip dengan poin 1. Tapi dengan membaca berita di media online, kita bisa lebih mengetahui isu-isu yang lebih luas, yang mungkin sesuai juga dengan permasalahan di lingkungan kita.

Selamat ber-KKN di desa sendiri

Irtifassina

Categories: Artikel

Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).