Rejeki tidak akan pernah salah alamat apalagi tertukar, meskipun usaha kita sama. Rejeki juga harus kita perjuangkan bukan hanya berdiam diri tanpa usaha.

Kisah nyata oleh Ganesha Raya

Tahun 2010 saya mengabdikan diri di sekolah negeri sebagai tenaga perpustakaan, karena tujuan awal saya mengabdi adalah untuk mengaplikasikan ilmu yang sedang saya pelajari di salah satu universitas.

Bulan pertama setelah saya bekerja saya mendapatkan honor, yang mana pasti teman-teman tahu berapa honor yang didapatkan sebagai tenaga honorer, mungkin untuk ganti bensin dan makan sendiri masih kurang. Tetapi saya memahami isi SK yang saya dapat yang intinya “tidak menuntut diangkat PNS dan Gaji sesuai kemampuan sekolah”.

Tahun demi tahunpun berjalan, saya juga tidak mau “biasa” dengan apa yang saya kerjakan, dan harus ada sesuatu yang ingin saya berikan kepada sekolah, dan 2 tahun berturut-turut sekolah saya mendapatkan juara dalam lomba perpustakaan tingkat Kabupaten.

Saya tipikal orang yang suka mempelajari hal-hal baru maka dari itu saya mengikuti beberapa pelatihan di BLK, teknisi komputer, desain grafis, ms office, mencukur, bahasa inggris, dll. Dan sayapun melanjutkan pendidikan lain yaitu PAI dan lulus pada tahun 2015.

dari pengalaman-pengalaman mengikuti pelatihan saya memahami mana yang bisa saya kembangkan, mulailah saya buka usaha kecil-kecilan berupa desain, pengetikan dan print. setelah berjalan dengan lancar saya coba beli mesin fotokopi dan saat itu masih berstatus sebagai wiyata bhakti.

Tahun 2016 saya memutuskan untuk resign dari sekolah dan mengembangkan usaha, karena saya berfikir usia semakin bertambah dan kalau saya lanjutkan pengabdian saya, saya tidak akan menggapai cita-cita dan keninginan saya dalam waktu dekat.

Tahun 2018 ada teman yang mau daftar CPNS, scan beberapa dokumen di toko saya, dan saya disarankan mendaftar CPNS. dan lolos dan diangkat pada Maret 2019.

Dari sinilah bagi teman-teman seperjuangan:

  • Tetaplah semangat dalam pengabdian,
  • Kembangkanlah keterampilan yang Anda miliki
  • Pintar-pintarlah mengaturr waktu, Anda di sekolah tidak 1 hari full, kembangkanlah usaha yang Anda miliki setelah selesai jam sekolah.
  • Orang optimis menikmati donatnya, orang pesimis hanya melihat lubangnya.
Categories: Artikel

Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).