Baru-baru ini, linimasa media sosial facebook di Indonesia dihebohkan dengan unggahan avatar oleh para penggunanya.

Avatar tersebut merupakan reinterpretasi dari penggunanya yang menggambarkan muka, warna kulit, jenis rambut dan lain sebagainya.

Sebebarnya, di beberapa negara fitur ini sudah  dikenal sejak tahun 2019 namun bagi Indonesia sendiri, fitur ini tergolong sangat baru.

Walaupun tidak sama persis dengan bentuk tubuh kita ketika membuat avatar, namun antusias pengguna media sosial terutama para pengguna facebook sangat tinggi dalam menggunakan fitur baru tersebut.

Nah bagaimana cara membuat avatar kita sendiri di facebook? Mengingat banyaknya pertanyaan yang muncul di fanpage saya “Meme Comic Toraya”. Ada juga yang bertanya bahwa fitur avatarnya tidak muncul di aplikasi facebook yang ia gunakan. Nah maka pada kesempatan kali ini saya akan mengulasnya sedikit.

Dilansir dari kompas.com, beginilah cara membuat avatar sendiri di facebook.

1. Buka aplikasi Facebook dengan cara log in  melalui perangkat Android atau iOS.

2. Setelah dibuka, pilih opsi Menu di aplikasi Facebook dengan mengeklik simbol tiga garis bertumpuk di sisi kanan atas.

3. Klik opsi “See More” untuk membuka menu “Avatars”.

4. Setelah memilih menu “Avatars”, Anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya untuk membuat penyesuaian avatar yang diinginkan, seperti warna kulit, bentuk wajah, rambut, dan mata.

5. Model rambut (Hairstyle) yang dipilih termasuk untuk warna dan ukurannya (panjang atau pendek).

6. Kemudian, Anda dapat langsung menyesuaikan penampilan dengan menambahkan aksesori, seperti kacamata, topi, hiasan rambut, atau make up di bagian Headwear.

7. Anda bisa mengatur bentuk alis dan ukuran bola mata dengan varian berbagai warna di opsi Colour.

8. Setelah pengeditan selesai, Anda bisa menyimpan avatar tersebut dengan mengeklik tombol “Next”.

9. Jika Anda ingin mengubah avatar yang telah dibuat, Anda bisa mengedit dengan mengeklik ikon pensil yang berada di bagian kanan atas.

Avatar pun bisa digunakan sebagai pemanis ketika pengguna ingin mengunggah status, memberikan komentar pada unggahan teman, atau dibagikan di Facebook Story.

Catatan: Aplikasi Facebook harus di update dulu ke versi terbaru melalui playstore agar fitur avatarnya muncul

Categories: Tips dan Trik

Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).