Mungkin dari sekian bayak orang jarang yang tahu tentang tanda ini. Waktu sekolah ketika mendapat tugas PR dari guru dan tugas soal di sekolah kita sering mendapat tanda ini dan kita sangat senang karna kita mengira tanda ini adalah benar dan dapat seratus atau kita sebut tanda R (right) benar.

Ternyata bukan itu maksudnya tanda ini berasal dari Belanda namanya (flouris of approval) ikal persetujuan. Sebagai tanda nilai sekolah sudah melihat menyetujui.

Tanda ini bisa di sebut ponten sebenarnya ini huruf G dalam bahasa belanda yaitu Goed (bagus) atau Gesien (telah dilihat).

Tanda ini pertama kali muncul tanda ini pada abad ke 19 saat birokrasi di belanda meningkat.

Terus kenapa bentuknya tidak menyerupai huruf ‘g’?

Dilansir dari liputan 6, Menurut sejarawan, hal ini karena huruf tersebut ditulis dengan terburu-buru sehingga munculah simbol itu.

Simbol ini jarang digunakan di luar Belanda. Tapi kenapa para guru di Indonesia biasa mengenal simbol ini dan ikut menggunakannya? Hal ini ternyata tak lepas dari sejarah Indonesia yang pernah dijajah oleh Belanda.

Selain Belanda, negara lain yang menggunakan simbol ini adalah bekas koloni Belanda, seperti Afrika Selatan, Antillen Belanda, dan Suriname.

Categories: Pendidikan

Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).