Cinta bukan satu-satunya modal dalam pernikahan. Tidak seperti pacaran, dalam pernikahan Anda akan banyak melalui tantangan kehidupan sehingga Anda perlu bersikap lebih bijak dan dewasa. Anda tidak bisa membawa sifat kekanak-kanakan yang mungkin biasa dilakukan saat berpacaran, karena dapat mengganggu keharmonisan rumah tangga.

Nah berikut ini beberapa hal yang perlu kamu tinggalkan sebelum masuk kedalam pernikahan (sumber: ririabdillah.com)

1. Egois

Menikah itu bukan hanya tentang kamu, bukan juga tentang kamu & dia. Tapi juga keluargamu & keluarganya. Mulai sekarang jangan hanya sibuk dengan diri sendiri. Mulailah peduli dengan orang-orang di sekitarmu. Karena nanti ada banyak orang yang harus kamu pedulikan setelah menikah dengannya.

2. Boros

Perempuan itu calon bendahara rumah tangga yang harus bisa mengatur keuangan lo ya. Tahan keinginan utamakan kebutuhan. Pastikan gaya hidup sesuai dengan pemasukan. Yang kamu atur nanti keuangan keluarga lo. Nasib anggota keluarga ada di tanganmu. Kalo sifat borosmu ngga kamu ubah, siap-siap timbul masalah.

3. Emosional

Katanya pengen nikah tapi ko masi emosian? Dinasehatin ngga mempan, diingetin naik pitam? Ya jangan dong. Setelah menikah kepalamu ada 2. Kalo cuma kamu aja yang dominan, kasihan pasanganmu dong ya. Belajarlah menahan amarah & atur emosimu agar lebih stabil.

4. Kurang menjaga kebersihan

Kalo kebiasaan mandimu masi 2 hari sekali atau hanya ketika keluar rumah. Fixed Malang sekali pasanganmu. Rawat diri lah, yang punya hidung kan ngga cuma kamu. Karena kebiasanmu menentukan kebiasaan di dalam rumah tanggamu.

5. Mengeluh

Sedikit sedikit mengeluh, marah, tak terima dengan keadaan. Bersyukur dong. Ada banyak hal yang bisa kamu sebutkan & sedikit melupakan kekurangan. Setelah menikah, ada banyak hal yang mungkin akan terjadi di luar rencana. Jangan kebiasaan mengeluh lo ya.

6. Kurang menjaga lisan

Lisan itu untuk mengatakan hal-hal baik. Jangan dipake untuk ngerumpiin teman yang lagi ngga hadir dalam circle pergaulanmu ya. Jika keburukan orang lain dengan mudah kamu sebarkan, bukan tak mungkin keburukan pasanganmu pun akan kamu umbar. Didik lisanmu dari sekarang.

Di dunia ini tak ada manusia sempurna. Yang namanya manusia pastinya banyak cela. Tapi kan kita bisa terus menerus ikhtiar untuk memperbaikinya. Karena itulah kewajiban kita.

Jika Allah telah menganggapmu pantas dan layak bertemu jodoh, insyaallah disegerakan jodohmu sesuai dengan kualitasmu. Makanya jangan setengah-setengah dalam hijrah. Ikhtiar kan maksimal karena Allah.

Categories: Inspirasi

Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).