Sambutlah Tahun Baru Dengan Penuh Optimis

Tidak terasa hari ini adalah hari terakhir untuk tahun ini. Banyak hal yang sudah saya dan anda alami dan lalui baik secara sendiri maupun bersama-sama, baik secara jasmani maupun rohani, baik secara dunia nyata maupun dunia maya.

Sepanjang tahun ini, dari bulan Januari sampai Desember, dari hari pertama sampai hari terakhir, dari pembukaan tahun sampai penutupan tahun. Sudah sungguh banyak kisah yang sudah terjadi. Tidak mungkin dapat dihitung, apalagi dengan hitungan jari. Tidak mungkin dapat diingat atau dikenang semua.

Dari yang menyenangkan yaitu yang membuat kita tertawa, yang membuat kita tersenyum dan yang membuat kita bersuka maupun sampai yang menyedihkan yaitu yang membuat kita menangis, yang membuat kita murung dan yang membuat kita berduka.

Namun akhirnya kita bisa melalui semua itu kita masih ada sebagaimana adanya sampai hari ini. Kita masih bisa bernafas dengan baik, masih bisa beraktivitas, masih bisa berkreativitas, masih bisa produktif, masih bisa kemana yang kita suka dan yang kita tuju.

Kalau saya teruskan menulis tentang apa yang masih bisa kita lakukan, tentu sungguh amat banyak yang masih bisa lakukan sampai hari ini. Sebaiknya masing-masing dari kita saja meneruskan di dalam hati kita tentang apa yang masih bisa dilakukan.

Inti dari semuanya itu kita masih bisa eksis di dunia nyata maupun dunia maya.

Tentunya kita masih bisa melalui semua itu
Bukan karena kita smart
Bukan karena kita sehat
Bukan karena kita kuat
Bukan karena kita hebat
Bukan karena kita dahsyat

Melainkan karena apa yang sudah Allah
perbuat melalui berbagai hal dan berbagai mujizat dengan cara-Nya yang ajaib dan tak terduga

Tiada hal yang dapat kita lakukan selain bersyukur, berterima-kasih dan memuliakan Allah kita yang sudah memelihara kita dengan sempurna sampai di penghujung tahun ini, semoga di tahun yang baru lebih banyak lagi yang Allah perbuat melalui hidup kita.

Semoga kita selalu sehat, tetap waras, makin dilimpahi berkat jasmani, rohani maupun materi serta semakin bermafaat bagi sesama dan menyenangkan hati Allah di tahun yang baru yang akan kita jalani.

Kalau ada:
Salah kata
Salah sangka
Salah langkah
Salah tingkah

Mohon maaf dan mohon dimaklumi, karena tidak ada manusia yang tidak luput dari kesalahan.

Terima kasih untuk seluruh keluarga, rekan dan sahabat baik di dunia nyata maupun di dunia maya yang sudah menemani perjalanan hidup saya setahun ini, mari kita lanjutkan hubungan yang baik ini.

Ferdinan Simanjorang