Teruntuk Mahasiswa, Jangan Pernah Main-main Menentukan Jalan Ketika Berproses, Seriuslah Pada Tujuanmu

Rata-rata setiap mahasiswa mempunyai masalah tersendiri dalam menyikapi perihal beban saat menjalankan rutinitas perkuliahan di awal dan pertengahan, yaitu beban asmara, pintar/cerdas, gengsi pasar dalam hal berpakaian, organisasi dalam dan luar kampus, tunggakan administrasi, dan sebagainya.

Sedang beban ketika ingin hendak segera dan setelah menyelesaikan studi ada tiga hal yang umum, yaitu beban skripsi, menikah dan karir. Nah, itulah tiga poin umum yang membuat kepala pening. Sikap apatis, kritis dan sebagainya sudah mulai kekurangan bobot, sulit diatur dan dikendalikan, atau bahkan kita lupa meliriknya. Hal-hal di atas bukan hanya untuk sekadar disapa lalu ditinggalkan, melainkan dipetakkan berdasarkan fungsi masing-masing ketika pikir mulai menghalalkan segala cara untuk mendewasakan perilaku.

Dalam dunia perkuliahan, apapun keputusan yang diimani dan dijadikan landasan untuk menyelesaikan studi punya cara yang berbeda, hasil yang berbeda, namun tujuan tetaplah sama. Slogan “tidak ada proses yang mengkhianati hasil” itu memanglah betul, itu bergantung dengan apa yang kita lakukan di awal untuk memilah hasil di akhir.

Jika di awal semester hanya mengindahkan datang, duduk, pulang, tidur, maka di akhir semester mau tidak mau, suka tidak suka, hasilnya akan menunggu dirimu untuk kamu jemput. Namun jika di awal semester mengindahkan perilaku belajar dalam hal apapun dan tekun/sabar, maka di akhir semester pula dirimu akan ditunggu hasil yang tidak pernah kamu tahu, dan mengatakan “terima kasih Tuhan”.

Pikiran-pikiran saat hendak dan setelah menyelesaikan studi, yaitu “akan kerja apa saya setelah tamat”. Semua mahasiswa pasti akan memikirkan streotip itu, dan tak jarang membuat diri kekurangan vitamin.

Jangan memikirkan dan menjadikan proses orang lain untuk dipindahkan ke diri kita, jangan menyeret diri kita ke nasib orang lain. Orang lain ya orang lain, diri kita ya diri kita, namun diri kita dan orang lain diwajibkan untuk saling merangkul karena tujuan tetaplah sama, yaitu sukses.

Lagi-lagi sukses tidaknya seseorang itu bergantung proses yang dilalui, dan jangan pernah memikirkan hasil akhirnya, biarkan Tuhan yang memilih, memilah dan menentukan untuk diri kita, kita cukup berproses dan berusaha. Makanya jangan pernah main-main dalam hal belajar, karena Tuhan tidak pernah keliru dan ingkar dalam menentukan setiap jalan yang ditempuh manusia.

Ingat lagu Iwan Fals yang berjudul Sarjana Muda. Lagu itu bukan untuk menakuti setiap orang menyelami lirik-liriknya, namun semata hanya memberikan gambaran bahwa setiap manusia punya potensi untuk gagal dan sukses. Namun jika gagal, bangun dan bangkit lagi seperti judul lagu Butiran Debu, karena Tuhan selalu memberikan jalan bagi orang-orang yang bersungguh-sungguh di mana pun dan kapan saja.

Untuk sekarang, ingatlah air mata ibu, keringat yang ke luar dari ari-ari bapak, segerelah togahkan kebanggan mereka. Proses-proses yang kita lalui selama ini tidak akan mampu membayar dan menutupinya. Bapak dan ibu hanya ingin melihat kita tersenyum dan terlihat anggun memakai stelan wisuda, peluklah sampai air mata benar-benar bangkit dari mata batin kita.

Pesan untuk semua mahasiswa. Jangan pernah main-main dalam menentukan jalan ketika berproses, pikirlah baik-baik dan matang-matang. Dalam hal belajar jangan pernah semata disempitkan karena gedung-gedung kampus, itu hanyalah syarat untuk memberikan tanggung dan jawab sebagai wadah pendidikan yang terlembagakan. Belajar bisa di mana saja, eksperimenkanlah rasa penasaranmu.

Penulis: Gusman Aziz

Editor: Tofan

Next Post

Besikaplah Terbuka, Karena Kehancuran Rumah Tangga Berawal dari Menyimpan Rahasia

Tue Dec 8 , 2020
Dalam menjalakan rumah tangga yang baik hingga dianjurkan supaya pendamping suami – istri dapat silih jujur, terbuka dan juga menyimpan keyakinan penuh antara satu sama lain. Buat membangun rumah tangga yang baik dan juga membahagiakan, pendamping suami istri wajib siuman berartinya kejujuran didalam suatu ikatan. Jauhi perihal yang dapat mengganggu […]

Indonesiaterpercaya.net

Indonesiaterpercaya.net merupakan situs informasi bagi Millenial Indonesia. Fokus kami untuk menyediakan bacaan yang mengulas seputar gaya hidup, inspirasi, renungan, tips dan trik, berita viral, hubungan dan masih banyak lagi sehubungan dengan kehidupan anak muda saat ini.

Pasang Iklan

Kami menerima jika ada yang ingin beriklan di situs kami. Untuk informasi dan pemesanan silahkan hubungi kontak:
Telp/WA/Telegram: 082291397622
Email: chimmonk@gmail.com

Networking

Situs yang bekerjasama dengan Indonesiaterpercaya.net
1. www.zonamillenial.web.id
2. www.microsoftofficeindo.com
3. infokitasulsel.com

Pedoman Situs