Berdamailah Dengan Setiap Masalah yang Datang, Justru Dia yang Akan Mendewasakanmu

Ke mana pun kita berlari, di mana pun kita bersembunyi, apa pun yang kita hindari, selalu saja ada masalah menghampiri kita. Hidup tidak bisa dilepaskan dari masalah dan masalah selalu ada dalam hidup.

Kita bisa saja merencanakan banyak hal untuk menghindari masalah, tapi karena keterbatasan manusiawi, rencana kadang tidak sesuai dengan kenyataan. Bahkan kita menciptkan masalah sendiri.

Kita bisa saja berdoa dan meminta Tuhan memberikan jalan yang terbaik, tapi kita tak sepenuhnya akan memahami jalan-Nya. Kadang masalah datang sendiri tanpa dicari dan di saat yang tidak diduga.

Garis hidup dan masa depan memang susah diprediksi. Tapi kita tidak harus memaksakan diri untuk mengetahui sesuatu di luar kemampuan. Kita tidak harus juga menghabiskan waktu hanya dengan protes
atau meratap.

Yang bisa kita buat adalah ‘berdamai dengan keadaan’. Lari dari masalah bukan solusi terbaik dalam menjawab lika-liku kehidupan. Akuilah keterbatasan dan terimalah keadaan sebagai bagian dari dinamika hidup. Hidup tidak pernah mulus. Jalan tidak pernah lurus. Nasib tidak selalu manis. Yang dibutuhkan adalah usaha dan ketekunan.

Menangis, marah, kecewa, takut bahkan putus asa adalah gejolak yang bisa saja muncul ketika berhadapan dengan masalah. Tapi berusahalah untuk percaya bahwa Tuhan tidak pernah salah menempatkan sesuatu.

Bangunlah dari keterpurukan dan kesedihan. Berusahalah dan berdoalah untuk menghadapi dan mengatasi masalah hidup.

Sebab selalu ada kesempatan lain yang sedang menunggu untuk mengalami keadaan yang lebih baik. Kadang masalah menjadi sarana untuk mendewasakanmu.

©️ Alafa