Niat Baik Kadang Tak Selalu Diterima Dengan Baik Tapi Percayalah Kita Pasti Menemukan Akhir yang Baik

Terkadang kita terlalu sulit untuk mengartikan sebuah niat baik. Dan sering kali kita menyalahkan arti niat baik tersebut. Membuat orang lain bisa tersenyum sudah merupakan niat baik tanpa anda sadari.

Jangan pernah memikirkan niat baik anda akan berbuah kebaikan. Tidak jarang niat baik kita berbuah kekecewaan pada saat anda berharap yang terbaik. Cukup anda merasa senang dengan niat baik anda kepada orang lain dan biarlah Sang Pencipta yang menilai seberapa besar niat baik anda.

Seperti yang terakhir-akhir ini saya melihat mengenai niat baik dalam menolong orang yang sedang sakit. Saya dihubungi oleh seorang RT di suatu desa yang minta pertolongan untuk warganya yang sakit keras. Bapak itu kondisinya sangat memprihatinkan. BPJS beliau sudah dua tahun tidak aktif. Istrinya bekerja mengambil sayuran dari tanah-tanah kosong yang kemudian dijual kembali kepada tetangganya. Anak bapak itu ada lima dan tidak bersekolah. Sungguh memprihatinkan.

terlepas dari keadaan keluarga tersebut, saya dikirimkan kondisi bapak itu dan keadaan rumah beliau. Tanpa pikir panjang saya menghubungi teman-teman relawan yang memang biasa menangani kasus seperti ini. Dan mereka bersedia menyediakan ambulance buat mengantar bapak tersebut ke rumah sakit umum di kota saya. Semoga Amal teman-teman senantiasa di catat oleh Allah.

Saya tidak ikut menjemput bapak itu karena jaraknya lumayan yah sekitar 2 jam dari kota saya. Sehingga saya memilih untuk menunggu beliau dan teman-teman di rumah sakit umum. Sebelumnya terkait BPJS beliau sudah kami urus sehingga sudah tidak jadi masalah jika beliau akan di rawat inap di rumah sakit.

Disini cerita yang membuat perasaan saya bercampur antara kesel dan lucu, akhirnya saya memutuskan untuk tersenyum saja. Bagaimana tidak, perlakuan yang ditunjukkan oleh keluarga bapak tersebut seakan-akan saya bekerja di sebuah yayasan atau dinas sosial yang bertanggung jawab sepenuhnya atas hidup dan mati bapak yang sekarat tersebut. Beruntungnya saya sudah terbiasa melihat perilaku dan sifat manusia yang unik-unik tersebut.

Niat baik tidak selamanya baik, itu benar adanya. Seperti dalam sebuah wawancara Bob Sadino dalam sebuah acara TV mengatakan “jangan pernah berharap jika anda tidak ingin kecewa. Jangan pernah takut untuk berusaha dan cengeng, mau usaha tidak punya modal, dikasi modal, mau usaha apa.”

Setiap kita berbuat baik maka kita harus menerima konsekuensinya. Kita akan dikejar-kejar untuk terus berbuat baik tanpa orang yang kita bantu paham.

Jangan pernah berkecil hati jika niat baik kita tidak selamanya baik diterima. Kita harus bersyukur bahwa kita masih dalam keadaan sehat dan masih mampu berusaha walau sekecil apapun hasil yang kita dapatkan. Masih banyak di luar sana yang lebih kekurangan dari kita.

Jangan pernah takut berbuat baik, karena “hidup itu indah, maka tersenyumlah.”

Hartonoachien