Semua yang Kita Miliki Hanya Titipan Dari Allah, Terus Apa yang Perlu Disombongkan?

Apa yg kamu banggakan wahai manusia?

Jabatan hanya sementara, bahakan hidup di dunia ini hanya sementara. Jika kau tak mampu berbuat baik, tinggal kehinaan yang akan menemanimu di hari akhirat kelak nanti.

Lakukan sesuatu yang berarti dan jadilah orang yang selalu disegani dengan kebaikan dan kerendahan hati, Jangan menyombongkan apa yang kamu miliki.

Saudaraku, jika kita merasa memiliki sesuatu, bisa harta kekayaan, pangkat jabatan, pasangan, anak-anak, rumah, kendaraan, dan lain sebagainya dari urusan dunia ini, maka yakinilah bahwa semua itu hanya titipan. Bahkan diri kitapun hanyalah titipan.

Kita tidak memiliki apa-apa jika Tuhan tidak memberi kepada kita. Kita tidak punya apa-apa jika Allah tidak menghendakinya.

Selayaknya sebuah titipan, pasti ada saatnya titipan itu diambil kembali oleh sang pemilik.

Dan, juga akan ada saatnya sang pemilik mempertanyakan apa yang telah terjadi dengan titipannya. Maka, demikian pula dengan titipan Tuhan kepada kita.

Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dia ditanya (dimintai pertanggungjawaban) tentang umurnya kemana dihabiskannya, tentang ilmunya bagaimana dia mengamalkannya, tentang hartanya; dari mana diperolehnya dan kemana dibelanjakannya, serta tentang tubuhnya untuk apa digunakannya.